Afrika Selatan: “Indonesia Negara Penting Sektor Pertanian”



Pretoria – Indonesia memiliki peran yang sangat penting di bidang pertanian, kehutanan, dan perikanan karena memiliki keunggulan geografis serta dukungan sumber daya alam yang beraneka ragam. Hal ini disampaikan oleh Mr. Langa Zita, Direktur Jenderal Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan Afrika Selatan, pada Senin 31 Oktober 2011 di Agriculture Place Building, Pretoria, saat menerima kunjungan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian RI, Hari Priyono yang didampingi oleh Kepala Badan Karantina Pertanian, Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, serta Kepala Pusat Kerjasama Luar Negeri.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam tersebut, pemerintah Afrika Selatan melalui Department of Agriculture Forestry and Fisheries (DAFF) menyambut baik inisiatif Indonesia untuk menindaklanjuti kesepakatan Memorandum of Understanding (MoU) yang telah ditandatangani pada tahun 2005, ke dalam bentuk Action Plan yang lebih konkret dan rinci. Menurut Zita, kerjasama dengan pihak Indonesia akan membuka akses pasar sektor pertanian terbesar Asia Tenggara, demikian pula sebaliknya, Afrika Selatan merupakan market potensial terbesar dan dinamis di wilayah Afrika.

Dalam rancangan action plan yang diinisiasi oleh Kementerian Pertanian RI, Indonesia mengusulkan beberapa kerjasama pertanian dengan Afrika Selatan, antara lain dalam Produksi pertanian dan peternakan, Pengembangan bersama riset dan teknologi, Perdagangan dan investasi komoditas pertanian, Pengembangan SDM pertanian, serta Penanganan masalah keamanan pangan. Sementara itu, meski belum memeberikan tanggapan tertulis sebelumnya, secara khusus pihak Afrika Selatan menaruh perhatian pada pengembangan Small Holder, Agroindustri dan perdagangan komoditas pertanian.

Kedua pihak akhirnya sepakat untuk memfinalisasi draft action plan dalam waktu beberapa bulan kemudian, sehingga dapat ditandatangani pada awal tahun 2012. Diharapkan dengan adanya kesepakatan action plan tersebut, Indonesia dan Afrika Selatan dapat bersinesgi secara progresif dalam upaya peningkatan kualitas maupun kuantitas produksi pertanian masing-masing, serta dapat saling membantu dalam menghadapi persaingan global ketahanan dan keamanan pangan di masa mendatang.
Sumber: Deptan.go.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: