Bidik UMKM, Microsoft Luncurkan MDP


Surabaya (beritajatim.com) – Kurang dari 20 persen dari 50 juta pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) masih belum memiliki akses ke komputer. Akibatnya, pemasaran dan stretegi manajemen mereka pun sangat terbatas. PT Microsoft Indonesia bersama PT Metrodata E Bisnis, mencoba mengangkat perkembangan UMKM melalui “Market Development Program” (MDP).

“MDP ini kami tujukan untuk komunitas bisnis yang tersebar di Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara. Kami akan mengenalkan MDP ini kepada para pelaku UMKM yang ada 5 wilayah ini, terutama manfaat software Microsoft yang asli bagi keperluan bisnis mereka,” ujar Amalia Fahmi, Director SMS&P, PT Microsoft Indonesia, saat pembukaan kantor operasional MDP di Surabaya, Kamis (3/11/2011).

Dikatakan, saat ini di Tanah Air, masih sedikit sekali UMKM yang melek teknologi informasi. Kalaupun ada, sebagian dari mereka lebih suka memilih software yang bajakan dengan tingkat kenyamanan dan keleluasaan pemanfaatan software yang sangat terbatas. Image mahal untuk pembelian software yang asli masih melekat dibenak pengusaha UMKM.

“Kami bangga mampu menguasai pasar Indonesia secara dominan, karena hampir sebagian besar coorporate maupun perorangan memilih menggunakan Microsoft yang memang sudah dikenal sejak lama oleh konsumen dalam negeri. Tetapi kami sedih karena masih sedikit sekali UMKM yang memanfaatkannya secara optimal. Untuk itu kami menyediakan program MDP ini dengan biaya berlangganan khusus UMKM yang lebih murah, yakni hanya USD 6 per user per bulannya,” beber Amalia.

Hal sama juga diungkapkan oleh Chandra Pragoyo, Ketua Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Jatim, mengakui dari semua produk komputer yang dijual anggotanya, baru 20-25 persen saja yang sudah disertai dengan pembelian software asli. Hal yang sama juga terjadi untuk penjualan komputer dikalangan pelaku UMKM yang masih banyak tergiur dengan hardware kosongan.

“Meskipun masih banyak yang main petak umpet dengan software tak asli tetapi saat ini anggota kami sudah tak mau lagi menyediakan software bajakan. Karena selain konsumennya sudah sadar dan lebih memilih kenyamanan, anggota kami juga mulai sadar bahwa menawarkan yang bajakan hanya akan mematikan usahanya,karena nantinya akan berurusan dengan polisi,” sela Chandra.

Anwar Hadiyanto, Sales Director PT Metrodata E Bisnis, sebagai pelaksana MDP dilapangan nantinya, juga menjamin, para pelaku UMKM tak hanya akan mendapatkan software Microsoft asli yang lebih murah tetapi mereka juga akan mendapatkan pendidikan dan pelatihan tentang pemanfaatan fitur-fitur seperti exel, world hingga powerpoint yang nantinya akan menunjang perkembangan bisnis mereka.

“Selama ini kebanyakan orang yang masih awam hanya tahu kalau Microsoft itu hanya world saja dan akhirnya banyak fitur lain yang sudah include didalamnya tak termaksimalkan sebagai penunjang bisnis mereka. Nah melalui program ini kami akan mengupas semua kebutuhan dan fitur apa saja yang ditawarkan Microsoft kepada pelaku UMKM. Dengan begitu mereka bisa mempresentasikan usaha mereka di internet dengan tampilan yang jauh lebih menarik,” tandasnya.
sumber: beritajatim.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: