Wow! Siswi SMP 1 Gresik Temukan Alat Pengering Ikan



Gresik (beritajatim.com) – Nelayan di Kota Gresik tidak mengeluh lagi saat mengeringkan ikan di musim hujan. Pasalnya, tiga siswa SMP Negeri 1 Gresik menemukan alat pengering ikan tanpa mengandalkan sinar matahari.

Ketiga siswa yang menemukan alat pengering ikan M.Akbar, Achmad Lukman Hakim, dan Rizki Taufan Rizal mampu menciptakan alat yang diberi nama ‘Pipikiko’. Singkatan kata itu kepanjangannya api, pipa, kipas, dan kotak. Atas penemuan alat terbaru tersebut, tiga siswa asal SMP Negeri 1 Gresik berhasil menyabet medali emas di event Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) 2011 di Kota Solo.

Menurut Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Gresik Sutrisno, alasan dipilihnya alat pengering ikan karena dari tiga siswa yang menciptakan salah satu diantaranya berasal dari keluarga nelayan. Sebab, dirinya pernah bercerita ayahnya menghadapi kendala jika akan menjemur ikan di saat musim hujan. “Alat ini sebenarnya sangat praktis karena strukturnya sederhana dan tidak perlu modal besar,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (03/11/2011).

Masih kata Sutrisno, jika memungkinkan pihaknya siap memproduksi massal alat pengering ikan asal mendapat rekomendasi dari Dinas Pendidikan (Disdik) Gresik. “Alat ini tergolong ramah lingkungan. Sebab, batubara yang digunakan untuk pengapian difilter terlebih dulu,” tuturnya.

Sementara itu, Achmad Lukman Hakim menuturkan, alat pengering ini mampu menampung 2 kilo ikan berukuran kecil. “Untuk sekali oven butuh waktu 7-8 jam dengan suhu 35-50 derajat celcius,” ujarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: